Time and Date

Thursday, March 6, 2014

Me Time


Durasi baca: 8 Menit

Hellow, Dear! :) Hari ini aku sedikit lebih kalem karena masih pagi mihihihy. Gimana, kabarmu Kawan? Apa pun yang terjadi selalu ingat: “Tuhan Yesus sekali-kali tidak akan meninggalkan ...... (isi nama kamu)” =D

Topik kali ini adalah mengenai, tra tak tak deng dez.... “ME TIME” !!! Horeeeeyy!! Seru kannn? Biasa aja sih fran -_- Ehemmm, sudah lama aku ingin mengusung topik ini. Menurutku, ini merupakan hal yang amattt sangattt penting namun seringkali tidak mendapat perhatian dari khalayak ramai. Ah sedappp~

What?
Sekarang kita bikin jelas dulu. Apa nih definisinya “me time”? Sebenernya ini gak ada teori resmi nya sih, ini mah ala2 bikinan aku aja. Hihihiy, lagian percaya aja sih lo. Well.. "Me time" tuh bukan dalam artian melakukan suatu hal sendirian: nyalon sendirian-manjain diri sendiri, nonton dvd/bioskop/baca buku sendirian, jalan2 sendirian, dll. Bisa aja sih diartiin gitu, namun bukan itu yang kumaksud dalam konteks kali ini. Melainkan.....

.... waktu yang semata-mata hanya untuk kamu dan diri kamu (your inside) = waktu untuk menyendiri. Fokusnya ya menggali diri kamu (your inside; your soul).  Klo misalkan nonton bioskop sendirian, kan fokusnya: menikmati film. Ngerti kan maksudnya? Huehueh.

How?
Nah jadi seperti apakah aktivitasnya? Ya intinya, kita SEPERTI ngomong sendiri gitcu...
-       Refleksi akan kejadian kehidupan yang telah terlewati olehmu. Memaknainya satu per satu dan berpikir: Apa yang sedang Allah kerjakan di hidupku? Apa yang Ia mau aku mengerti? Hal2 apa yang patut aku syukuri? Give yourself a regular spiritual check-up! ;)

-       Introspeksi diri. Melihat kesalahan apa yang telah terjadi kemarin2 ini, dan belajar dari sana tentunya. Jangan bodoh dengan melakukan kesalahan yang sama, Kawan! Malu kalee diketawain iblis, “Hahaha eluuu manusia, jatoh lagi luuu ke lobang perangkap gw yang sama!”  >=} Examine your life, take inventory of your habits and when you find something that’s not right, be quick to change! ;)

-       Evaluasi akan goals2 apa yang gagal kamu capai dan apa goalsmu di hari ke depan. If you will continue to pursue new goal, it will keep you fresh and excited about your life! :)

Kira-kira seperti itulahhh. Alangkah baiknya jika itu semua d i t u l i s yaa. Gak usah deh sok2an bisa nginget semuanya. Ya bisa sih klo cuman dikit2 / cetek yang kamu bahas. Mungkin awalnya agak gelii2 gimana gitcuu pas nulis dan baca, tapi ya cuek ajee.. Toh gak ada yang liat juga. Dengan adanya tulisan-visual, efeknya gede banget dibandingin cuman dibayangkan dalam pikiran. Live a self-examined life, then get it down in words!

Sebelum memulai itu semua, tentunya kita harus berdoa dan baca Firman. Mengapa? Agar roh dan jiwa kita dikuasai oleh Roh Kudus, sehingga kita dapat ‘melihat’ dan mengerti hal-hal yang mungkin tadinya tidak kita sadari. Pikiran dan hati kita pun dituntun agar peka akan suara Allah, maka kita dapat mengerti apa yang Tuhan mau untuk kita lakukan dalam hidup, dan seterusnya.

Who?
Tadi aku bilang “me time” itu SEPERTI ngomong sendiri, padahal sebenernya berkomunikasi dengan Pencipta kita. Well, sudah mutlak harganya bahwa untuk betul2 dapat memahami diri kita, yang adalah manusia, maka kita harus terhubung dengan our Maker and Creator! Oleh sebab itu, menurutku, untuk betul2 memiliki kualitas kehidupan yang tinggi (bukan hidup yang cuman "biasa2 aja"), maka setiap orang membutuhkan “me time” sebagai hal yang sifatnya primer, seperti makan, tidur, beristirahat. Klo your inside dipake kerja terus-terusan dan gak disuruh stop istirahat, ya capek lah yaaww. Our “inside” needs rest as much as our external bodies do.

Trus fran, di Alkitab ada gak bagian yang ngomongin tentang “me time”? WETSSS lo nantangin gw yaaa? Hauhauhau. B a n y a k !

Tuhan Yesus kan sibuk banget banget yaaa. Klo kamu lihat, kemana-mana orang2 pengen ikut Dia, pengen minta disembuhin, minta dilayani, dan lain sebagainya, bahkan kadang-kadang muridNya suka mengusir orang-orang yang “ngerepotin” Yesus. Lebih banyak “permintaan” daripada waktu yang tersedia, namun Tuhan Yesus tetap memiliki “me time”; waktu untuk menyendiri.

“Ketika hari siang, Yesus berangkat dan pergi ke suatu tempat yang sunyi...” (Lukas 4:42)

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” (Markus 1:35)

“......menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.” (Matius 14:13)

serta ayat-ayat lainnya...

Apa yang dilakukan Yesus pada saat menyendiri itu? Macem2. Ya berkomunikasi dengan Allah lewat doa, menyegarkan diri kembali dalam kehadiran sang Bapa, semata-mata menenangkan diri aja, atau pun ketika Ia sedang sedih banget. Intinya, di dalam Alkitab terlihat bahwa Yesus pun punya waktu rutin untuk menyendiri. Kereeennn!

When?
Enaknya “me time” kapan nih? Klo Yesus, memang seringkali pagi hari, namun sering pula di waktu-waktu random, di sela-sela kesibukan pelayanannya. Klo aku, setidaknya secara resmi yang khusus me time tuh sebulan sekali, ya siang-sore-malem mana aja boleh.
Emang “me time” mirip sama saat teduh pagi dan malam ya, tapi kan beda.
Klo saat teduh gak sempet yang refleksi secara menyeluruh dan lama gitu.. Ngerti kann, Siss? *kedip cantik*

Where?
Sebagaimana Yesus lakukan, emang bagusnya sih tempat tenang ya. Sebenernya kita bisa ngelakuin “me time” di mana aja, as long as lo bisa konsen. Karena sok keren, akooh maunya sambil ngopi2 cantik gitu lah. Di cafe apa kek yang gak berisik dan gak bau rokok, sambil bawa buku tulis sama alat2 tulis loecoe atau laptop biar diketik. But you can use your own style, mau pake HP sambil denger lagu atau gimana ya oke juga ;) Tenanggg sajaa, gw gak malu2in dengan cuman numpang duduk. Gw pasti beli sesuatu dari tuh cafe. Huahhahaha. Oh ya, biar gak obvious banget lagi berdoa, aku merem sok2 lagi mikir/cari inspirasi ajaaaaa =P

Mungkin sekarang tanpa “me time” pun, hidupmu telah berjalan dengan baik. Namun, alangkah jauhhhh lebih baik, bila kamu pun memiliki “me time”. Karena, kualitas hidupmu pastiiiii akan banyakkkk meningkat dan kamu akan merasa (more) refreshed, fulfilled, and alive! Memang itulah perasaan2 yang akan timbul ketika manusia bergaul erat dengan penciptanya ;)

Tentu ada harga yang harus dibayar untuk tercapainya “me time” ini. Harus sediain waktu, di mana jaman sekarang waktu itu sesuatu yang amattt mahal harganya. Caelah! Eh ini lagi seriusss! Udah sih, kayaknya pengorbanannya itu doang. Oh plusss, kita harus punya kerendahan hati dan kerinduan untuk mau dibentuk olehNya :’’’)

Why?
Segitu pentingnya kah meningkatkan kualitas kehidupan kita melalui pengadaan “me time” ini?

Christians live by a high standard: Because God owns it, I must take the best care of it that I can

Ayo, ambil langkah konkrit sekarang! Tentuin kapan mau “me time”. Enjoy yourself okeehhh!! :D  Aku pribadi selalu senang ketika melihat seseorang puass akan kualitas kehidupannya :)) Klo ada crita2 seru, boleh lohhh dibagi ke akooh frantyozora@gmail.com hihihihiyy.

Actually, gw nulis blog gini sebenernya juga lagi “me time” sih, namun dengan tujuan ekstra, yakni ingin membagikannya ke orang lain. Hohoh. Semoga berguna yaaaa. Tuhan Yesus memberkati kita semuaaaa.


Peluk dan kecup hangathhhh,


Franty Ozora



This is my "me time". How about yours? :)
Pas lagi "me time" dan set up resolusi 2014 ini. hihihiy


So far udah 3 bulan ini sebagian besar berjalan sesuai rencana. Meskiiiii durasi waktunya yang banyak berubah hahahaha. Namanya juga usaha ;)



1 comment:

  1. Again Fran!!!! di bacaan gw yg ke 2, gw masih bisa merasakan lw 30 cm di depan gw, kita ngobrol dan bla bla bla...sebetulnya selama ini gw melakukan me time hampir tepat seperti yg lw jelaskan di atas. But I never let God join me when I did that. Dan "me time" yg gw lakukan hampa dan ngga berkesan. Biarlah bacaan ini bisa mencerahkan gw. Yang percaya bilang "aaaaaammmmiiiiiiiiiinnnn" good job for u :) .

    ReplyDelete