Time and Date

Tuesday, January 5, 2016

Diet


Beberapa tahun lalu aku berhasil menurunkan berat badan sebanyak 8 kg. Sejuta umat pun bertanya bagaimana caranya. Nah, dalam tulisan kali ini, akan gw ceritakan apa saja langkah-langkah amat simple nan TAK mudah yang gw lakukan untuk menggapai hal tersebut. Sayangnya, ini sama sekali tidak instan. Hahahha. Let’s cekidot!

1. MOTIVASI
Nah, cari dulu motivasi lo kurus tuh apa. Awalnya, gw tuh kesulitan ketika nyari baju yang pas. Emang sih gw gak keliatan gendut, tapi ada beberapa bagian tubuh gw yang bikin susahhhhh dapet baju. Klo lagi liat2 majalah cewek2, pengeennn deh bisa pake baju2 lucu. Selain itu, dalam hati tuh ada yang ngomong, “Masa gak bisa sih lo fran bikin badan sendiri kurus tanpa bantuan apa2 (bukan akupuntur atau obat atau apa)?? Ahh gak seru luuu”. Iya gw anaknya emang sengak, sok menantang. HAHA. Gw jg yakin banget Tuhan bakal seneng kalo gw melatih “pengendalian diri”, dimana ini adalah salah satu komponen yang menjadi kunci berhasil tidaknya diet ini. Sebenernya yang bikin gendut itu tuh: makanan2 gak penting, cemal cemil. Yang lebih ke “WANTS”, bukan “NEEDS”.

2. POLA MAKAN YANG BENAR
Puji Tuhan, pada suatu hari gw ketemu Tante gw (padahal sih ketemu terus), tapi baru kali itu beliau bilang. “Fran, lo kalau mau kurus mah, diet aja. Nih aku ajarin.”. Dan entah gw tuh bego atau apa ya selama ini……Pada saat itu gw baru ngeh dalam hati, “YA AMPUN KEMANA AJA GW SELAMA INI. Kenapa mikir susah2 mau kurus, wong tinggal diet aja!!!!”. Karena sebelom2nya tuh gw cuman sedih kok baju gak cukup tapi gw lupa bahwa ada hal yang bisa bikin kurus yaitu: DIET! Lo ngerti maksud gw gak? Gw tuh lupa bahwa ada yang namanya “diet” HAHAHAHAAA. Nah Tante gw ini emang ke ahli gizi kan, trus beliau kasih tau gw pola makannya, yang kuncinya berisi: Protein dan sayur. Here we go….

Breakfast:
Telur. Didadar atau di-steam. Isinya jamur, banyak sayur-sayuran kayak paprika, kol, dll.

4 jam kemudian…

Lunch:
Protein dan sayur lagi.
Misalkan gw: Capcay seafood, gado-gado pake tempe goreng. Kadang daging babi pun gw anggap sebagai protein. Nyehehee.

4 jam kemudian

Dinner:
Protein dan sayur lagi.
Misalkan gw: Sup bening isinya tahu, sawi, bakso; atau sayur buncis sama ayam goreng.

Pas jarak 4 jam itu, kita isi dengan makan buah (atau minum jus). Kalau agak laper dan pengen ngemil, bisa makan plain biscuit (tanpa rasa) kayak saltine. Pengen yang dingin2 enak manis? Silahkan minum coca cola zero juga. Hoho.

Tambahan:
- Karena gw bukan diet ekstra ketat gimana-gimana, gw masih menekankan pada kenikmatan makanan. Gak deh yang dikukus atau tanpa minyak atau apa. Meskipun iya sih itu lebih cepet, tapi realistis aja. Nyiapinnya kan ribet dan agak menderita makannya. Hahaa.
- Dijamin, dengan pola makan ini, lo pastiii kenyang. Gak bakal laper!!
- Balik lagi, semua cocok-cocokan. Klo gw (mungkin krn darah O), cocok aja gak makan nasi. Ada orang kan yang langsung lemes. Peka-lah terhadap dirimu, Kawan!
- Semua dimakan dengan perlahan-lahan ya. Jangan bleb bleb bleb! Dinikmatin~ Katanya sih kunyah 32x. Tapi gak gw itungin jg sihh..
- Makan maksimum 3 jam sebelom tidur.
- MINUM AIR PUTIH SEBANYAK MUNGKIN. Pake tumbler lucu biar cemangath!! Tiap satu jam minum satu botol deh.
- Jangan deh minum yang aneh2. Ya teh botol lah (85 kal) ya kopi starbucks lah (300 kal). Sebelum konsumsi apa2, baca deh jumlah kalorinya. Tapi jangan jadi lebay frikk juga!
- Emang sih lebih efektif klo diet dikombinasiin sama olahraga. Dulu pas diet gak sempet olahraga (SEKARANG SIH HARUS)! Tapi emang klo tujuannya turun berat badan, lebih efektif diet daripada olahraga.

3. KUNCI
Kunci berhasil tidaknya diet ini:
- Bertanya
Pokoknya, klo mau ngambil makanan gak penting yang ada cuman sekali itu aja, lo tanya dulu “ENAK BANGET ATAU ENAK AJA?” Kalau biasa aja, ya jangan diambil.
- Bayangkan
….. berapa banyak usaha yang mesti dilakuin untuk ngilangin sejumlah kalori dari makanan gak penting tapi jahat, seperti sepotong cookie OREO (62 kal). Treadmill 30 menit aja baru ngebakar 150-200 kalori. HAHAHAH. Bayangin juga berbagai baju2 lucuuh yang bisa lo pake klo lo udah langsing mihihiyy.
- Step by step
Awalnya masih seminggu 3 kali NO nasi. Lama2 jadi 6 hari (biasanya ada satu hari gw makan bebas. Tapi jangan langsung gila juga sih). Porsi juga kurangin dikit-dikit.
- Fleksibel
Ada saat2 yang kita gak bisa nolak gak makan atas dasar kesopanan. Mis: diajak dinner atau dibeliin orang makanan. Ya udah makan aja, toh sekali itu doang. Bagaimanapun, perasaan orang lain lebih penting daripada 200 kalori kan hehee.
- BERDOA!!
Tiap mau makan, lagi boker, sambil elus2 perut gw doain supaya Tuhan bisa kasih KESABARAN dan PENGENDALIAN DIRI. Plus biar cepet berhasil dietnya.

Seperti yang udah gw bilang  di awal, INI SEMUA GAK GAMPANG. SUSAH!! Nungguin itu angka timbangan turun kok lama amat. Hahhaa. Tahukah kamu 8 kg turun setelah diet berapa lama? Traktaktakdengdezz….. 6 bulan! IYA ENAM BULAN!!! hahahaa. Tapi worth it! Setelah itu pun, gw makan apa aja gak gendut2. DAN BISA PAKE BAJU CANTIK LUCU2! Mihihihyy~~

Form new habit emang susah, pas udah jadi habit sih, ya oke lahh.
AYO INI UDAH 2016! Target-in diri kita untuk hidup dengan pola makan teratur! 



Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah. (1 Korintus 10:31)



Salam diet,
Franty Ozora

2010. Bajunya yang gombrong2. Gak bisa yang ngepas badan atau ada lekuk cantiknya gitu. Hiks. Tembem yee









 My 25th birthday! 6 Desember 2015. Bisa pake baju centil cewekk2. Miihihihy~

No comments:

Post a Comment